10 Things To Do Unik di Desa Wisata, Kreasi Pelaku Pariwisata Kawasan Prambanan

Nusantaratv.com - 07/07/2023 18:48

Candi Prambanan (infobudaya.net)
Candi Prambanan (infobudaya.net)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Jauh-jauh main ke Candi Prambanan, Sobat Pesona jangan langsung pulang usai wisata sejarah di candi saja, ya. Jika kita jeli, desa-desa wisata di Kabupaten Klaten dan Sleman di sekitarnya pun menawarkan berbagai pengalaman wisata istimewa yang sayang bila terlewatkan.

Kreasi dan inovasi para penggerak pariwisata di kawasan ini memang layak diacungi jempol. Menggarap potensi kekayaan alam maupun budaya, mereka menciptakan keunikan serta identitas, agar desa wisatanya punya sesuatu yang berbeda dan khas. 

Warga dan pelaku pariwisata merayakan karunia keindahan lanskap alam dengan membangun destinasi wisata atau menyusun produk wisata seru. Selain itu, kekayaan budaya juga diramu dengan pelayanan prima, agar wisatawan mendapatkan kenangan tak terlupakan. Semua itu makin terpoles apik berkat kehadiran program Sosialisasi sadar Wisata 5.0. 

Simak nih, 10 hal seru yang bisa Sobat Pesona lakukan di sana.

1. Pring Ledok Tinjon – Wisata fotografi di studio alam estetik dengan model warga desa sekitar, di kebun bambu Desa Wisata Madurejo, Klaten (IG @pringledoktinjon).

Foto koleksi Pring Ledok Tinjon

2. Mendalami Batik Ciprat – Pembuatan motif batik yang unik kian terasa isitimewa lantaran pembatiknya adalah komunitas penyandang disabilitas di Desa Wisata Kemudo, Klaten.

3. Agro Wisata Jamur Tiram – Terjun langsung ke proses budi daya, panen jamur, serta pengolahan kripik jamur, bisa dilakukan di Oemah Djamur Sawah Desa Wisata Kemudo, Klaten.


4. Kuliner dengan Suasana Khas – Kopi Racik (Desa Wisata Brajan, Klaten dengan reservasi), Pawone Bali Kandang (Desa Wisata Kotesan, Klaten).

5. Oleh-oleh kuliner khas – Tempe Premium Srikandi (Desa Wisata Geneng, Klaten) dan aneka olahan buah sukun (Desa Wisata Randusari, Klaten).

6. Tur Andong Bersama Si Kuda Gendis –  Alon-alon (perlahan) menelusuri jalanan desa diapit keindahan persawahan dan situs candi di kiri kanan di Desa Wisata Kokosan, Klaten).

7. Jemparingan di Pendhapa – Sensasi olah rasa dan olahraga melalui seni budaya panahan tradisional di Desa Wisata Tamanmartini, Sleman (IG @agung_susila_17).

8. Wisata Religi – Healing di bawah keteduhan pohon-pohon Gayam, dalam lingkungan sejuk dan adem di Gua Maria Sendang Sriningsih, Desa Wisata Gayamharjo, Sleman.

9. Pesta swafoto dan ngopi cantik di Obelix Hills – Area yang dibangun khusus di atas perbukitan, agar wisatawan bisa foto-foto tanpa bosan, dilengkapi kafe dan restoran instagramable berlatar keindahan alam Desa Wisata Wukirharjo, Sleman.

10. Jeep Tour – Meski bukan penggemar off road, siapa pun akan dapat menikmati wisata keliling  berbagai destinasi sejarah, keindahan alam, juga rute ekstrim yang berawal dari Tebing Breksi,  Desa Wisata Sambirejo, Sleman. 


Tertarik? Yuk, langsung agendakan main ke lokasi wisata yang serba bersih, sehat, aman, dan lestari ini. Sempatkan juga ngobrol dengan pelaku pariwisatanya ya, Sobat Pasona. Siapa tahu, kita dapat inspirasi baru. Wisata pun bakal lebih berkesan bila kita menjalin percakapan dengan warga setempat. 
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Wisata Unik Ala Magelang-1692964322
Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2023 -1687254941
Liburan-1685500682